Beranda » Artikel Blog » Manfaat Bekam Berdasarkan Penelitian Ilmiah

Manfaat Bekam Berdasarkan Penelitian Ilmiah

Diposting pada 4 April 2017 oleh my5ucc355 | Dilihat: 25 kali | Kategori:

Bekam

Seperti banyak pengobatan alternatif “kuno”, bekam mulai hidup sebagai terapi benar-benar berbasis takhayul, bagian dari budaya pra-ilmiah tanpa petunjuk sedikit pun tentang mekanisme fisiologis kesehatan dan penyakit.

Bekam adalah bentuk pembuangan darah. Pada hari ini disebut “bekam basah” untuk membedakannya dari “bekam kering” yang tidak menyebabkan perdarahan. Perawatan melibatkan menempatkan secangkir kaca pada kulit dan kemudian menciptakan vakum parsial dalam cangkir untuk menghisap darah ke kulit. Secara tradisional ini dicapai dengan membakar dupa di atas cangkir untuk memanaskan udara di dalam cangkir.

Manfaat Bekam Berdasarkan Penelitian Ilmiah

Dalam bekam basah praktisi kemudian akan menusukkulit dan membiarkan darah mengalir. Tujuan dari ini adalah untuk menghapus “darah stagnan, mengusir panas, mengobati demam tinggi, kehilangan kesadaran, kejang, dan sakit.” Nah, itulah yang beberapa praktisi TCM katakan hari ini. Kembali pada tujuannya adalah untuk membersihkan “chi”, sebuah kata yang berarti darah, atau energi dalam darah. Bekam hanyalah pertumpahan darah di Cina.

Bekam sebagai bentuk pembuangan darah masih dilakukan hari ini, sebagai bekam basah. Dalam bahasa Arab disebut Hijama.

Untuk alat bekam dan infromasi pemesanan bisa klik di sini.

Seperti banyak bentuk perawatan kuno, praktisi modern menggunakan teknik yang sama atau serupa tetapi hanya mengubah klaim mereka untuk membuat itu terdengar lebih bisa diterima telinga modern.

Salah satu manifestasi dari ini adalah klaim spesifik untuk apa yang melakukan perawatan. Penyakit yang menjadi target cenderung tertarik ke arah gejala subjektif umum. Nyeri pinggang, nyeri otot, nyeri sendi, kelelahan, dan sakit kepala adalah semua target umum. Ini adalah tanda yang jelas bahwa klaim yang dibuat untuk perawatan ini sedang didorong oleh kekuatan pasar, tidak masuk akal, bukti, penelitian, atau ilmu.

Manifestasi lain adalah mekanisme dugaan dikutip untuk membenarkan pengobatan. Ini cenderung mengikuti narasi populer hari, dan sekali lagi didorong oleh kekuatan pasar, bukan ilmu. Berabad-abad lalu bekam akan melepaskan “chi”. Hari ini digunakan untuk mengusir racun yang tidak disebutkan namanya, meningkatkan aliran darah, atau mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Tidak ada alasan kuat untuk percaya bahwa cupping melakukan hal-hal itu. Ini hanya pembenaran tangan melambai tersedia.

Penelitian Bekam

Saat ini kita hidup di dunia di mana tidak ada klaim kesehatan begitu masuk akal bahwa seseorang tidak akan berpikir itu layak penelitian yang serius. Jadi ya, ada penelitian medis yang sebenarnya menjadi cupping. Saya selalu memiliki perasaan campur aduk tentang ini. Penelitian tersebut jelas merupakan pemborosan sumber daya, dan juga mungkin tidak etis. Hal ini juga tidak mempengaruhi praktik pendukung. Hal ini baik untuk memiliki penelitian aktual untuk menganalisis dan menunjuk ke, tapi secara keseluruhan itu mungkin tidak layak.

Mari saya mulai dengan apa yang saya yakini sebagai review definitif: review dari ulasan sistematis oleh Edzard Ernst, yang menyimpulkan:

Kesimpulannya, gambaran ini SR menunjukkan bahwa bekam mungkin efektif untuk mengurangi rasa sakit. bukti tidak cukup untuk indikasi lain. Semua SR didasarkan pada studi utama dengan risiko tinggi bias. Oleh karena itu, ketidakpastian tetap tentang nilai terapeutik bekam.

ulasannya, dan saya membaca penelitian yang dipublikasikan, sangat konsisten dengan pola khas penelitian bias menjadi pengobatan yang tidak bekerja. Kami melihat banyak studi kualitas kecil dan miskin, jenis yang hampir dijamin untuk menghasilkan hasil positif palsu.

Studi kualitas yang lebih tinggi cenderung negatif. Mungkin ada residu studi positif berhubungan dengan gejala subjektif, karena mereka adalah yang paling sulit untuk mengontrol ketat. Kami tidak pernah melihat hasil yang positif objektif.

Selanjutnya, hasil positif cenderung mengelompok dalam kelompok penelitian yang sangat bias. Ernst menunjukkan bahwa sebagian besar studi positif dan review Bekam berasal dari Cina. Ada alasan yang baik untuk mencurigai Bias besar dalam studi tersebut, dan ulasan sebelumnya telah menunjukkan, misalnya, bahwa 100{220902336f795dbf58ee0865bc4561044debf104dbc29ade343e9027558240c9} dari studi akupunktur yang diterbitkan di Cina positif. Hasil seragam positif tersebut secara statistik tidak mungkin tanpa bias sistematis.

tinjauan sistematis lainnya, termasuk yang oleh para peneliti yang menguntungkan diterbitkan dalam jurnal pro-CAM, sama-sama tidak meyakinkan. Misalnya, 2013 review bekam untuk nyeri punggung bawah termasuk hanya satu uji coba terkontrol secara acak, yang menunjukkan:

Dalam RCT, tingkat efektif dari kelompok basah-cupping adalah mirip dengan kelompok daftar tunggu (p> 0,05).

Jadi mereka termasuk RCT rokok, laporan kasus, dan editorial, karena:

Meskipun RCT memberikan kualitas yang lebih tinggi bukti, kami termasuk non-RCT dalam penelitian ini karena terbatasnya jumlah RCT tidak memberikan bukti yang meyakinkan.

Intinya dari semua ini adalah bahwa penelitian bekam sebagian besar negatif atau berkualitas buruk dan dengan bias yang tinggi. Tidak ada bukti kuat baik untuk efek fisiologis yang nyata dari cupping.

Apologis mungkin berpendapat bahwa setidaknya terapi ini jinak, tapi tidak begitu cepat. Ada kecenderungan untuk menganggap bahwa pengobatan jinak hanya karena tidak ada yang peduli untuk mendokumentasikan potensi risiko.

Sebagai contoh, ada laporan kasus bekam jelas menyebabkan penyebaran psoriasis di satu pasien – lesi psoriatik terjadi dalam pola melingkar yang aneh, mendapatkan perhatian dari dermatologists mengobati pasien.

efek samping yang lebih umum termasuk memar, luka bakar, dan infeksi kulit. Agresif bekam basah juga dapat menyebabkan anemia.

Memang, efek samping yang mungkin kecil, tetapi tanpa manfaat terbukti atau masuk akal efek samping yang tidak layak, termasuk ketidaknyamanan, biaya, dan efek kosmetik negatif.

Kesimpulan: Bekam adalah pseudoscience

Cupping tidak berbeda dengan akupunktur, pertumpahan darah, phrenology, atau pseudosains medis lainnya. Pengobatan ini berbasis di takhayul pra-ilmiah, dan hanya telah diganti merek untuk lebih efektif memasarkan pengobatan untuk pelanggan modern.

Sekarang hanyalah pengobatan alternatif, kurang masuk akal, kurang bukti kuat untuk keberhasilan, dan dipromosikan untuk array biasa gejala subjektif dengan array biasa pembenaran handwaving.

Sangat disayangkan bahwa atletik elit, termasuk Olimpiade, adalah seperti tempat tidur panas untuk pseudosains. Olimpiade seharusnya merayakan keunggulan, kerja keras, dedikasi, dan persaingan ramah. Sekarang juga mewakili mudah tertipu dan takhayul, dan menyebar mudah tertipu bahwa untuk dunia melihat.

Sumber : Science Based Medicine.

Bagikan

Manfaat Bekam Berdasarkan Penelitian Ilmiah | ALKES Malang

Komentar OFF

Maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman ini.

Anda Mungkin Suka

Peta Lokasi

Alamat

Alkes Malang
Jl. Kapi Sraba Raya 13F/41 Sawojajar 2 Malang

(0341) 711167 / 0851-02403111

WA: 0852-3644-0001

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Chat via Whatsapp
Roni
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Roni
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja