Beranda » Artikel Blog » Manfaat Oksigen Dalam Organ Tubuh Dan Otak

Manfaat Oksigen Dalam Organ Tubuh Dan Otak

Diposting pada 2 April 2017 oleh my5ucc355 | Dilihat: 24 kali | Kategori:

Manfaat Oksigen Dalam Organ Tubuh Dan Otak

Oksigen untuk Otak

Oksigen merupakan unsur penting bagi otak; kondisi saat oksigen dirampas dari otak yang disebut anoksia serebral. Anoksia serebral dibagi menjadi empat kategori berdasarkan beratnya.

  • Berkontribusi dalam Kognitif dan Sistem Behavioral
    Apakah anda memiliki keluarga atau teman yang telah selamat dari stroke yang? Keluarga terdekat sering mengklaim bahwa setelah serangan stroke, mereka berubah menjadi orang lain. Nah, sebenarnya fakta bahwa oksigen memiliki fungsi penting dalam memberikan kontribusi sistem kognitif dan perilaku untuk berfungsi optimal. Stroke terjadi ketika darah tidak cukup untuk memasok oksigen yang dibutuhkan ke otak dan kekuatan jantung untuk bekerja lebih keras.
  • Berkontribusi dalam Mengoptimalkan Fungsi Otak
    Apakah anda tahu mengapa seseorang bisa berada dalam kondisi koma? Hal ini karena otak tidak mendapatkan cukup oksigen, karena beberapa kondisi, darah berhenti mengalir ke otak sehingga tidak ada pasokan oksigen. Jika hal itu terjadi dalam jangka waktu yang lama maka hasilnya adalah koma. Kondisi terburuk yang bisa terjadi melalui kondisi ini adalah kematian otak. Artinya, pasien masih dapat bernafas tapi secara keseluruhan tubuh tidak akan berfungsi sama sekali karena otak tidak lagi menjadi sistem tubuh.
  • Keterampilan motorik
    Kekurangan oksigen di otak dapat menyebabkan masalah keterampilan motorik juga. Hal ini karena selama anoksia serebral sel kondisi tidak mendapatkan cukup oksigen yang menyebabkan sel-sel yang rusak atau mati di cerebellum yang memiliki fungsi penting dalam koordinasi gerakan dan keseimbangan. Hal ini berkaitan erat dengan fungsi oksigen dalam regenerasi sel, termasuk otak kecil.
  • Heart Rate
    Hal ini masih terkait erat dengan aliran darah ke otak. Bagaimanapun ketika aliran darah ke otak terganggu maka itu berarti otak tidak menerima cukup oksigen. Kondisi ini akan mempengaruhi jantung untuk bekerja lebih keras dalam upaya untuk memastikan bahwa otak akan mendapatkan suplai oksigen yang diperlukan tapi kondisi ini bisa menyebabkan serangan jantung. Dengan kata lain, jika otak mendapatkan cukup pasokan oksigen maka risiko serangan jantung dan stroke dapat dikurangi secara signifikan.
  • Pingsan dan Pusing
    Ketika seseorang mendapat gegar otak otak gejala pertama yang muncul mungkin pingsan diikuti dengan pusing. Ini berarti bahwa pasokan oksigen di otak rendah atau drop. Jadi, jika anda merasa seperti Anda akan pingsan, hanya bernapas dalam-dalam dan gejala mungkin harus dikurangi. Namun, terlalu banyak oksigen bisa menyebabkan kelebihan jumlah karbon dioksida di dalam tubuh. Gejala yang sama bisa muncul juga jika Anda bernapas.

Manfaat Oksigen Dalam Organ Tubuh Dan Otak

Oksigen sebagai Natural Detoksifikasi

Pernahkah Anda mendengar tentang terapi oksigen? Ini adalah salah satu jenis terapi yang baru-baru ini populer untuk detoksifikasi. Ada banyak orang yang mencoba jenis terapi untuk detoksifikasi semua racun dan meningkatkan sel regenerasi untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih sehat.

  • Bantuan Pembersih¬†Racun
    Ini adalah salah satu tujuan dari terapi detox oksigen. Oksigen juga ditemukan dalam darah dan salah satu fungsi adalah untuk mengikat beberapa bahan beracun dan mencucinya dari darah. Jenis terapi ini sebagian besar dilakukan oleh pasien pecandu alkohol dan kecanduan obat untuk membasuh semua efek dari alkohol dan obat dari darah mereka.
  • Bantuan di¬†Jaringan Sel Rusak
    Oksigen akan berkontribusi dalam regenerasi sel jaringan yang rusak disebabkan oleh peradangan. Selama terapi, pasokan oksigen akan disediakan dalam jumlah yang lebih tinggi melalui pembuluh darah dan mempercepat regenerasi jaringan. Jadi, proses penyembuhan bisa dipercepat dan sistem kekebalan akan meningkat secara signifikan juga untuk mendukung proses penyembuhan.
  • Meningkatkan Sel Regenerasi
    Satu hal penting untuk diingat adalah bahwa sel-sel regenerasi tidak akan terjadi tanpa oksigen. Dengan memastikan sel menerima cukup oksigen bisa menjamin regenerasi sel berada dalam kondisi optimal. Itu sebabnya memastikan bahwa semua sel tubuh menerima oksigen yang cukup sangat penting untuk regenerasi sel-sel akan mengarah pada perbaikan sistem kekebalan.
  • Detoksifikasi Organ Penting
    Terapi oksigen juga bisa diterapkan untuk orang-orang yang menderita kondisi yang ada di hati atau pankreas karena alkohol atau obat-obatan mereka. Oksigen akan membersihkan zat beracun dan pada saat yang sama memperbaiki sel-sel yang rusak yang disebabkan oleh zat-zat berbahaya dengan mempercepat sel-sel regenerasi.
  • Pola Tidur yang lebih baik
    Beberapa orang hanya tidak menyadari bahwa tidur malam yang baik sebenarnya adalah detoksifikasi yang sangat baik untuk otak. Ketika anda mengalami tidur malam yang baik, adnda akan bangun dalam kondisi segar yang akan meningkatkan fungsi otak. Ketika otak berfungsi secara optimal anda akan dapat mengendalikan emosi anda dan sekali emosi anda dikendalikan, proses pengambilan keputusan bisa lebih mudah dilakukan. Selain itu pikiran yang segar berarti sebagai memori yang lebih baik, lebih fokus dan kewaspadaan yang lebih baik. Itu sebabnya orang yang memiliki tidur malam yang sangat baik sehari sebelum akan memiliki kinerja yang lebih baik selama hari kerja.

Oksigen dan Hubungannya Dengan Penyakit Kronis

Pasokan oksigen yang rendah dalam tubuh juga bisa menyebabkan kondisi medis yang serius. Berikut adalah beberapa fakta bahwa oksigen bisa melakukan keajaiban dalam mencegah beberapa penyakit kronis terjadi.

  • Mencegah Pengembangan Sel kanker
    fakta menarik berkenaan dengan penyakit kanker, kanker bisa menyerang hampir semua organ dalam tubuh kita, kecuali untuk jantung. Anda harus menyadari sekarang bahwa tidak ada penyakit seperti seperti kanker hati. Mengapa? Karena hati adalah di mana darah diproduksi dan didistribusikan. Salah satu komponen penting yang terkandung dalam darah adalah oksigen. Dengan kata lain, selalu ada cukup pasokan oksigen di jantung yang beroksigen sel hati yang akan mencegah perkembangan sel-sel kanker.
  • Mencegah Penyakit Jantung
    Salah satu contoh yang telah disebutkan di atas bahwa ketika otak tidak menerima cukup pasokan oksigen, sistem saraf akan langsung memaksa jantung bekerja lebih keras yang dapat menyebabkan kondisi serangan jantung. Selain itu gejala utama penyakit jantung adalah ketika sel-sel jaringan tubuh tidak mendapatkan oksigen dengan benar. Dengan kata lain, oksigen memiliki peran penting dalam memastikan bahwa semua jaringan tubuh oksigen, kondisi ini akan menyebabkan jantung bekerja optimal tapi tanpa tekanan.
  • Mencegah kejang di Epilepsy Pasien
    Apakah Anda tahu bahwa salah satu pemicu kejang pada pasien epilepsi adalah ketika otak tidak mendapatkan cukup oksigen? Beberapa studi terbaru telah membuktikan bahwa tidak mungkin untuk kejang terjadi pada pasien epilepsi ketika mereka berada dalam kondisi pernapasan normal tetapi ketika pernapasan terganggu kemungkinan kejang juga lebih tinggi.
  • Mencegah Diabetes
    Jika anda telah didiagnosa dengan diabetes Anda akan menyadari bahwa Anda memiliki napas berat. Yah, memang benar bahwa penyebab utama diabetes adalah ketika tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin atau ketika tubuh menolak insulin sehingga kelebihan glukosa dalam darah tidak dapat diubah menjadi energi. Namun, ada satu lagi alasan mengapa tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin atau mengapa tubuh menolak insulin; itu adalah tingkat oksigen yang rendah dalam sel. oksigen rendah dalam sel-sel pankreas akan mengurangi fungsi pankreas untuk menghasilkan insulin dan pasokan oksigen yang rendah dalam sel-sel tubuh akan mencegah penyerapan optimal glukosa dalam sel lemak.
  • Mencegah Asma
    Nah, pasti Anda sudah tahu bahwa asma adalah salah satu kondisi pernafasan kronis. Kondisi ini tidak dapat disembuhkan tetapi gejala masih mungkin untuk ditangani atau bahkan berkurang. Kondisi ini terjadi ketika paru-paru tidak menerima oksigen yang menyebabkan seseorang sulit untuk bernapas. Terapi pernapasan normal bisa membantu mengurangi gejala secara signifikan dan menghindari pemicu juga salah satu cara terbaik untuk menghindari serangan asma.

Sebenarnya, kekurangan oksigen dapat menyebabkan lebih dari 100 jenis penyakit kronis tetapi 5 penyakit kronis yang disebutkan di atas hanya contoh karena penyakit mereka adalah satu umum dan bisa terjadi pada siapa saja.

Dikutip dari : Dr Health Benefits.

Bagikan

Manfaat Oksigen Dalam Organ Tubuh Dan Otak | ALKES Malang

Komentar OFF

Maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman ini.

Anda Mungkin Suka

Peta Lokasi

Alamat

Alkes Malang
Jl. Kapi Sraba Raya 13F/41 Sawojajar 2 Malang

(0341) 711167 / 0851-02403111

WA: 0852-3644-0001

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Chat via Whatsapp
Roni
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Roni
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja